Teknologi saat ini sudah memasuki era baru Revolusi Industri 4.0, dimana terjadi perubahan dalam sistem teknologi yang memengaruhi beberapa sektor industri, salah satunya sektor industri pertambangan. Industri Industri pertambangan merasakan efek dari Revolusi Industri 4.0 dengan sistem penambangan yang semakin efisien dan canggih.

Teknologi merupakan keseluruhan sarana untuk memudahkan keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia, dalam hal ini adalah teknologi digital. Teknologi digital menjadi alat yang tidak menggunakan tenaga manusia secara manual, melainkan sistem pengoperasian yang otomatis dengan teknologi komputerisasi untuk menghadapi tantangan dalam kegiatan pertambangan.

Teknologi digital pun merambah ke sektor pertambangan. Dengan hal ini, perusahaan pertambangan mengalami perkembangan pesat dalam setiap peranan penting seperti proses operasi, produksi dan bisnis pertambangan.

Kondisi ini memaksa manajemen perusahaan berpikir lebih untuk menjaga kinerja perusahaan agar tetap sehat dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk efisiensi sistem operasi pertambangan adalah menerapkan teknologi digital pertambangan.

Inovasi digital dalam industri pertambangan dapat meningkatkan produktivitas yang berpengaruh terhadap cashflow perusahaan. Digitalisasi pertambangan pun dapat dimulai dari perencanaan perusahaan seperti sistem ERP hingga proses pengolahan hasil tambang.

ERP (Enterprise Resource Planning) system dalam sektor pertambangan, dapat membantu mengelola berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. Luasnya area pertambangan dan banyaknya jumlah pekerja dalam proyek pertambangan membutuhkan sistem tersendiri untuk dapat mengelola dan menjaga jalannya proses kerja agar berjalan dengan lancar, minim risiko dan sesuai dengan perencanaan serta target kerja.

Transisi Teknologi Mandiri mengerti akan kebutuhan digitalisasi di berbagai sektor industri. Masuknya revolusi 4.0 dalam sektor pertambangan memotivasi Transisi untuk menciptakan system ERP dengan menggunakan teknologi modern dan fitur yang menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan pertambangan. System ERP yang Transisi ciptakan mendapatkan kepercayaan dari PT Adaro Indonesia untuk melakukan digitalisasi dengan menggunakan solusi yang Transisi berikan.

Mulailah melakukan tranformasi digital secara terintegrasi dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT). Modernisasi berbasis teknologi digital harus terus dikembangkan sehingga kualitas kinerja dan produktivitas perusahaan menjadi lebih maksimal.

Bagikan: