Pertumbuhan smartphone otomatis mengikuti pertumbuhan Aplikasi Mobile. Dengan nilai manfaat yang dihasilkan, desain aplikasi yang friendly dan pemeliharaan yang baik, suatu aplikasi mampu bersaing dan bertahan di pasar teknologi informasi. Perkembangan teknologi inilah yang menyebabkan cara konvensional semakin ditinggalkan.

Kadang, penasaran dengan Bagaimana awalnya para pemilik Aplikasi berpikir untuk menciptakan sebuah Aplikasi yang bermanfaat? Yang pasti mereka berpikiran maju, melek teknologi, terencana dan berani untuk membuat suatu solusi yang akhirnya digunakan oleh semua orang.

Lalu, apa sih Pengembangan Aplikasi Mobile itu?

Aplikasi mobile (mobile apps) adalah aplikasi yang dibuat untuk perangkat bergerak seperti Smartphone, Tablet, Smartwatch dan lainnya, yang merupakan hasil dari pemrograman mobile dan dirancang menggunakan bahasa pemrograman.

Aplikasi mobile memberikan banyak kemudahan dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Jenis aplikasi mobile pun sudah sangat beragam sesuai dengan kategorinya. Berikut beberapa contoh kategori aplikasi mobile yang ada di pasar teknologi :

KATEGORI APLIKASI MOBILE

  1. Komunikasi
  2. Pendidikan
  3. Perdagangan Elektronik [E-commerce]
  4. Permainan
  5. Bisnis
  6. Jejaring Sosial, dan masih banyak lagi

CONTOH APLIKASI MOBILE

  1. Whatsapp
  2. Coursera
  3. Amazon
  4. Youtube
  5. Netflix, dan masih banyak lagi

Jika saat ini kamu berencana untuk melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk kemajuan bisnis dan pemecahan masalah sehari-hari yang bermanfaat, maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Tahapan Pembuatan Aplikasi Mobile

  1. Perencanaan dan Riset
  2. Desain
  3. Pengembangan dan Pemrograman
  4. Pengujian kualitas
  5. Peluncuran Aplikasi

Tahapan awal dari pengembangan aplikasi mobile tentu harus memiliki tujuan dan manfaat, menggunakan desain yang menarik dan mudah dimengerti pengguna. Serta hal yang terpenting lainnya adalah jika aplikasi mobile Anda menyimpan informasi rahasia pengguna, artinya kamu harus memastikan aplikasi mobile tersebut memiliki tingkat keamanan yang sangat baik.

Merasa kesulitan dengan tahap demi tahap dalam pengembangan aplikasi mobile? Kamu tidak perlu mengerjakan segala proses tersebut sendirian, terlebih jika kamu tidak memiliki keahlian dalam pengembangan aplikasi. Kamu bisa menyerahkan pengembangan ini ke perusahaan yang ahli di bidang ini. 

Transisi hadir untuk membantu kamu dan perusahaan agar memiliki solusi dan cara terkini dalam persaingan teknologi global. Wujudkan ide-ide kreatifmu agar menjadi suatu pencapaian bagimu dan perusahaan. Jangan sampai tertinggal dengan teknologi dan pola yang itu-itu saja. Jadikan Transisi Teknologi Mandiri sebagai Pengembang dan Konsultan TI mu.

Bagikan: