Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan pengguna aplikasi atau software terbanyak di dunia. Jangan salah, tidak hanya sebagai pengguna, loh, Indonesia juga memiliki banyak developer unggul yang menciptakan aplikasi software dengan kualitas terbaik. Aplikasi buatan Indonesia pun tidak hanya dikenal oleh orang Indonesia saja melainkan mancanegara.

Sayangnya, tidak sedikit yang masih meragukan keunggulan dari software buatan Indonesia, padahal manfaat yang diberikan sangat membantu keperluan harian rakyat Indonesia. Bahkan, developer Indonesia menyesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia.

Berikut beberapa manfaat menggunakan aplikasi buatan developer Indonesia:

  1. Developer Lokal Lebih Unggul
    Developer lokal jelas lebih paham kebutuhan orang Indonesia, sehingga software buatan Indonesia akan lebih berguna. Developer Indonesia bahkan menyesuaikan dengan kebiasaan dan preferensi pengguna secara mendetail.
  1. Memperkuat Karakter Bangsa
    Pertumbuhan Technopreneur bisa menjadi cerminan bangsa di hadapan dunia bahwa software lokal mampu bersaing dipasar Internasional. Keberhasilannya akan membuat tech enthusiast dimana pun mengakui talenta yang dimiliki orang Indonesia. Banyak kok aplikasi lokal yang mendunia. Seperti, Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan masih banyak lagi. 
  1. Meningkatkan Pertumbuhan dan Kesempatan
    Menjadi mandiri dengan membuat software lokal akan membuka kesempatan luas bagi developer Indonesia untuk 'Unjuk Gigi' melalui Karya, serta membuka banyak lapangan pekerjaan. Meningkatnya technopreneur di Indonesia akan mewadahi talenta-talenta muda Indonesia untuk menyalurkan karyanya.
  1. Pembangunan Ekonomi
    Biaya produksi dan pembelian untuk produk lokal relatif lebih terjangkau dibanding menggunakan aplikasi software berbayar dari luar. Biaya yang dikeluarkan pun bisa digunakan untuk membantu pembangunan ekonomi, dari dan untuk Indonesia.
  1. Karya Anak Bangsa
    Tetap berkarya dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, akan memotivasi developer Indonesia  untuk terus berkembang dan berani bersaing dengan aplikasi software mana pun.

Kita sebagai warga Indonesia, sebaiknya mendukung perkembangan teknologi di Indonesia dengan mempercayai dan menggunakan produk Indonesia. Hal ini akan memberikan semangat yang besar bagi siapapun yang berkarya dalam menciptakan produk teknologi, yang nantinya akan dilihat dan diakui dunia.

Bagikan: