Blog

Blog Image 1

Teknologi Digital di Sektor Pertambangan Makin Diminati

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Teknologi saat ini sudah memasuki era baru Revolusi Industri 4.0, dimana terjadi perubahan dalam sistem teknologi yang memengaruhi beberapa sektor industri, salah satunya sektor industri pertambangan. Industri Industri pertambangan merasakan efek dari Revolusi Industri 4.0 dengan sistem penambangan yang semakin efisien dan canggih.

Teknologi merupakan keseluruhan sarana untuk memudahkan keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia, dalam hal ini adalah teknologi digital. Teknologi digital menjadi alat yang tidak menggunakan tenaga manusia secara manual, melainkan sistem pengoperasian yang otomatis dengan teknologi komputerisasi untuk menghadapi tantangan dalam kegiatan pertambangan.

Teknologi digital pun merambah ke sektor pertambangan. Dengan hal ini, perusahaan pertambangan mengalami perkembangan pesat dalam setiap peranan penting seperti proses operasi, produksi dan bisnis pertambangan.

Kondisi ini memaksa manajemen perusahaan berpikir lebih untuk menjaga kinerja perusahaan agar tetap sehat dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk efisiensi sistem operasi pertambangan adalah menerapkan teknologi digital pertambangan.

Inovasi digital dalam industri pertambangan dapat meningkatkan produktivitas yang berpengaruh terhadap cashflow perusahaan. Digitalisasi pertambangan pun dapat dimulai dari perencanaan perusahaan seperti sistem ERP hingga proses pengolahan hasil tambang.

ERP (Enterprise Resource Planning) system dalam sektor pertambangan, dapat membantu mengelola berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. Luasnya area pertambangan dan banyaknya jumlah pekerja dalam proyek pertambangan membutuhkan sistem tersendiri untuk dapat mengelola dan menjaga jalannya proses kerja agar berjalan dengan lancar, minim risiko dan sesuai dengan perencanaan serta target kerja.

Transisi Teknologi Mandiri mengerti akan kebutuhan digitalisasi di berbagai sektor industri. Masuknya revolusi 4.0 dalam sektor pertambangan memotivasi Transisi untuk menciptakan system ERP dengan menggunakan teknologi modern dan fitur yang menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan pertambangan. System ERP yang Transisi ciptakan mendapatkan kepercayaan dari PT Adaro Indonesia untuk melakukan digitalisasi dengan menggunakan solusi yang Transisi berikan.

Mulailah melakukan tranformasi digital secara terintegrasi dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT). Modernisasi berbasis teknologi digital harus terus dikembangkan sehingga kualitas kinerja dan produktivitas perusahaan menjadi lebih maksimal.

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Pengembangan Web yang harus dilalui, Apa saja?

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Web design adalah salah satu aspek yang terpenting untuk sebuah perusahaan di dunia modern, terutama jika sebuah perusahaan menjual produk web. Kesan pertama kali saat pengguna mengunjungi website sangat memengaruhi penilaian pengguna terhadap website secara keseluruhan. Hal ini membuat tahap pengembangan web menjadi salah satu kunci penting dalam membangun kesuksesan citra online perusahaan.

Setiap proses pengembangan web, harus melalui langkah-langkah tertentu mulai dari inisiasi sampai dengan selesai. Ini merupakan hal penting dilakukan agar pengembangan dapat terarah dan menghasilkan sebuah website yang memiliki nilai. Meskipun tahapannya bervariasi, tetapi langkah-langkah dasar harus dilalui sama.

  1. PERENCANAAN PROYEK
    Ini berfungsi untuk menentukan tujuan-tujuan dan sasaran sebuah pengembangan web. Perencanaan penting untuk menentukan hasil akhir.

    Analisis Kebutuhan
    Cari tahu persyaratan yang tepat dari sebuah website. Termasuk menentukan target pengguna, tujuan website, fitur, dan informasi lain tentang website.

    Ringkasan
    Ringkasan proyek akan berguna sebagai panduan untuk seluruh proses pembangunan web.

    Menentukan Sumber Daya yang Diperlukan
    Dalam perencanaan termasuk juga mendefinisikan perangkat lunak dan persyaratan sumber daya lainnya yang diperlukan dalam penggarapan. Persyaratan dan sumber daya yang diperlukan kemudia ditambahkan ke anggaran proyek.

    Tujuan Kinerja Utama
    Hal ini melibatkan penentuan kinerja utama. Tenggat waktu proyek, anggaran baiya dan kecepatan halaman adalah beberapa desain web dan pengembangan tujuan yang ditetapkan pada tahap perencanaan.

    Analisis Pesaing
    Tahap ini juga melibatkan pesaing. Apa yang menjadi saingan bisnis web Anda? Berapa banyak pengunjung yang akan mengunjungi web? apa yang menjadi bounching nya? Selain ini, hal yang dianggap penting seperti merek visual, panggilan bertindak, navigasi dan tata letak pada web.

  2. RUANG LINGKUP PROYEK
    Menentukan ruang lingkup proyek secara baik akan membantu memastikan bahwa proyek web akan berakhir tepat waktu dan sesuai dengan perencanaan. Cara terbaik untuk menggambarkan ruang lingkup proyek ini yaitu menggunakan grafik. Grafik akan memvisualisasi proyek, menunjukan kegiatan yang terlibat dalam proyek, menunjukan kerangka waktu pengerjaan proyek dan juga menciptakan akuntabilitas antara tim desain website.

  3. DESAIN WEBSITE
    Tahapan ini akan merancang desain website. Tim pengembang akan fokus memilih tema, warna, tata letak, fitur dan aspek lainnya dari web. Selama tahap desain website, para desainer web menggabungkan berbagai elemen seperti logo perusahaan, warna yang memperkuat identitas merek, tema yang mencerminkan portofolio produk perusahaan dan tata letak yang elegan dan terlihat menarik. Berikut beberapa tips sederhana untuk membuat desain web yang user-friendly :

    Navigasi Sederhana dan User Experience
    Saat membuang web, pertimbangkan pengalaman pengguna merupakan hal yang sangat penting. Dengan menyederhanakan itu, pengunjung web akan merasa betah yang pada gilirannya akan menghabiskan lebih banyak waktu di web Anda dan akan sangat memungkinkan untuk membeli produk atau jasa. Pastikan web memiliki navigasi yang jelas, sederhana, dan memudahkan pengguna melakukan perjalanan dari satu halaman ke halaman lainnya.

    Waktu memuat situs
    Waktu buka web (situs) adalah hal penting untuk kepuasan pengguna. Tidak ada pengguna yang mau menunggu page load terlalu lama. Jagalah agar waktu memuat halaman web tetap sesingkat mungkin dengan membatasi video dengan ukuran besar, foto, flash, dan file lainnya.

    Mudah dibaca dan tipografi
    Pengguna harus memahami informasi di situs Anda dengan cepat dan tanpa banyak usaha. Penggunaan tipografi yang bersih dan umum dapat secera efekti mempermudah proses dan membantu pengguna senang ketika mengunjungi situs web. Beberapa kunci untuk fokus pada pilihan font, kombinasi warna, dan jarak. Gunakan font yang mudah dibaca, gunakan warna yang sederhana dan elemen ruang keluar pada halaman Anda untuk menjadi desain bersih dan rapi.

    Kemudahan penggunaan
    Mampu membuat situs Anda bekerja di beberapa browser, perangkat dan ukuran layar adalah yang sama penting dengan lainnya. Ini membantu membuat pengalaman yang lebih baik untuk seluruh audiens dan akan terus lebih banyak pengguna di situs Anda, bahkan ketika berada di perangkat mobile.

  4. PENGEMBANGAN SITUS WEB
    Tim pengembang membagi setiap elemen website dan menggunakannya untuk membuat web fungsional. Meliputi; pengembangan halaman depan setelah kerangka dasar (shell) selesai dibuat. Setelah pemilik web menyediakan konten, selanjutnya didistribusikan ke seluruh situs sesuai dengan kerangka yang telah dibentuk sebelumnya. Secara teknis, pengembangan web meliputi; merancang bentuk interaktif, menerapkan gateaway pembayaran, dan memilih CMS (sistem manajemen konten) seperti WordPress, Joomla, dan Magneto.

  5. PENGUJIAN WEB DAN DEPLOYMENT
    Tahap terakhir yaitu, pengujian. Desainer situs menambah sentuhan akhir untuk situs dan menguji situs sebelum di rilis. Desainer akan menguji fungsionalitas lengkap dari situs untuk memastikan bahwa semua fitur berjalan dengan lancar dan kesalahan apapun. Web Designer akan menguji semua script utama dan forum untuk memastikan bahwa situs dapat menampilkan konten secara baik pada perangkat yang berbeda dan platform, memverifikasi link internal dan tugas-tugas lainnya yang sejenis.
    Web Designer juga akn memvalidasi kode situs untuk memastikan bahwa semua memenuhi standar website terbaru. Web ini kemudian ditunjukan kepada Mitra untuk mendapatkan persetujuan akhir dan situs. Setelahnya, kini saat pihak pengembang memberikan situs kepada mitra atau klien.
    Terakhir, tim pengembang web menambahkan rincian halus ke web utnuk mengoptimalkan fungsi dan kinerja seperti pemasangan plugin, optimasi SEO (Search Engine Optimization), dan optimasi kecepatan halaman.

Bersama dengan artikel ini yang perlu kita ketahui bahwa proses pengembangan web membutuhkan banyak waktu dan usaha. Merancang sebuah situs web memang bukanlah tugas yang sederhana, Anda bisa mengandalkannya pada Transisi Teknologi Mandiri untuk mewujudka web perusahaan sesuai dengan impian. Namun, kami berharapa hasilnya lebih besar dari usaha, biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk sebuah karya seni situs web yang indah.

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Apa itu Design Sprint? Kenapa itu penting?

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Sudah sering mendengar istilah Design Sprint sebelumnya? Jika ya, kemungkinan besar, kamu adalah orang yang bekerja untuk sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang e-commerce atau kamu sendiri adalah CEO startup yang sukses.

Istilah ini dipakai untuk menamai sebuah metode bisnis, yang bisa mengarahkan kamu pada kesuksesan bisnis kamu.

What is a Design Sprint?

Design Sprint adalah lima langkah kerja yang unik untuk memvalidasi dan memecahkan tantangan besar melalui prototyping dan menguji ide berdasarkan pemahaman akan design thinking. Metode ini dibuat oleh Jake Knapp dalam bukunya "How To Solve Big Problem and Test New Ideas in Just Five Days" dan kini banyak sekali dipakai oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia.

"The 'greates hits' of business strategy, innovation, behavioural science, and more packaged into a step-by-step process that any team can use."

Kerangka kerja Design Sprint diberlakukan dalam proses lima hari. Dalam proses tersebut, setiap anggota dalam tim akan salign berdiskusi sehingga menghasilkan gagasan masing-masing yang akan digunakan untuk eksekusi proyek bisnisnya. Design Sprint akan membantu kamu untuk :

  1. Understand (Pahami)
    Memahami masalah atau tantangan dengan memetakannya dan memilih hal yang penting untuk fokus.
  2. Diverge (Kembangkan)
    Membuat sketsa solusi bersaing di atas kertas. Pada tahap ini harus ditemukan kunci strategi dari masalah agar fungsi problem solving terlaksana. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah, usahakan membatasi luas masalahnya, jangan melebar kemana-kemana. Coba untuk fokus pada hal yang telah dipahami pada tahap pertama.
  3. Decide (Putuskan)
    Membuat keputusan dan mengubah ide untuk di uji. Seluruh tim akan menentukan ide-ide terbaik yang nantinya akan diimplementasikan ke dalam proyek bisnis. Hampir seluruh anggota tim menyampaikan gagasan yang unik atau berbeda pada tahap ini. Gafasan yang terkumpul akan diputuskan berdasarkan voting. Lalu hitung suara terbanyak dan itulah ide atau gagasan yang akan dieksekusi di tahap-tahap berikutnya sampai proyek berhasil.
  4. Prototype.
    Membuat prototype yang realistis bersama-sama sebagai tester. Developer akan mendiskusikannya lalu membuat rancangan nyata dari suatu produk yang nantinya bisa diadakan demo pada user dalam tahap berikutnya. Tahap ini bisa dibilang tahap yang sulit, kamu harus menekan biaya karena produk yang dibuat bukanlah hasil akhir, hanya sebagai gambaran dari produk. Namun, tim harus tetap membuatnya dengan sebaik mungkin dan teliti hingga tanggapan user di tahap akhir menjadi tanggapan positif.
  5. Validate (Validasi)
    Pada tahap terkahir ini, prototype yang sudah tim buat akan di uji dan dinilai oleh para user. Pengujian sangat penting dilakukan oleh user yang tepat, maksudnya, user adalah seorang yang memiliki keahlian cukup di bidang terkait produk yang akan dirilis. Penilaian tidak boleh dilakukan oleh developer dari perusahaan kamu sendiri karena penilaiannya akan bersifat subjektif. Penguji yang baik akan mewakili perasaan atau kebutuhan dan keinginan semua user lainnya.

Kunci dari Design Sprint

  • The user is king.
    Keseluruhan proses Design Sprint berpusat pada user. Proses ini membangun produk dan layanan berdasarkan pemahaman yang kuat dari pengguna sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Umpan balik dan dan validasi dari user akan menjadi final dari Design Sprint.
  • Mempertimbangkan semua perspektif.
    Design Sprint mengumpulkan semua orang penting dalam satu tempat untuk menyampaikan semua gagasan dalam hal memecahkan semua tantangan yang ada.
  • Efisien dan efektif.
    Design Sprint memotong segala hal yang tidak efisien dan efektif dalam sebuah diskusi. Design Sprint dalam lima hari memaksa kamu dan tim untuk fokus dan mengupayakan sesuatu yang realistis dalam akhir minggu.
  • Belajar cepat, gagal cepat.
    Design Sprint membantu kamu untuk mendapatkan visi dan tujuan yang jelas diawal proses. Hal ini memaksamu untuk membuat keputusan penting dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Ini berarti, kamu dan tim dapat menghemat waktu, biaya, design, teknik dan pengembangan. Bonusnya? Kamu bisa membawa produkmu dengan cepat untuk bersaing di pasar karena kamu dan telah fokus pada sesuatu yang benar.

Kesimpulan

Metode ini memang sangat cocok dilakukan oleh para pebisnis yang baru saja memulai dan mengembangkan perusahaannya, semacam startup. Hal tersebut dikarenakan jumlah SDM yang cenderung sedikit dan cara berpikir atau mindset yang cenderung terbuka pada perusahaan rintisan. Dengan menjadi fokus pada titik permasalahan atau tantangan, kamu dan tim bisa mengerjakannya dengan cepat, termasuk juga risiko kegagalan yang cepat agar dapat langsung berpindah fokus ke titik lainnya.

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Transisi Covid-19: Aplikasi ini Bisa Tracing Pesebaran Virus Corona

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Bayangkan menjadi orang pertama yang terkena Covid-19. Orang yang terjangkit virus Corona akan mengidap penyakit yang disebut dengan Covid-19. Saat itu belum disebut demikian, orang mengira itu hanya flu biasa. Tak disangka, justru virus itu menjadi wabah yang menjangkit jutaan orang di seluruh dunia, menyebabkan kematian dalam kurun waktu singkat dan memicu kekacauan ekonomi.

Sampai saat ini ini kita masih belum tahu secara pasti siapa pasien pertama tersebut. Yang kita ketahui, orang itu berasal dari seorang yang kemungkinan besar tinggal di kota Wuhan, China. Berawal dari situlah, virus Corona menyebar secara cepat dan begitu saja mengubah tatanan hidup yang telah bertahun-tahun dijalani.

Sempat terlintas pemikiran, Andai saja ada sesuatu yang dapat membantu pelacakan pesebaran Covid-19 termasuk kontak yang terjadi dari Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang telah membawa virus, bahkan pasien positif Covid-19. Mungkin hal ini akan menjadi kontrol bagi semua orang untuk mengetahui sejauh apa keamanan lingkungan kerja kita terhadap paparan virus Corona. Terlebih, teknologi semakin canggih.

Perubahan tatanan hidup yang terpaksa harus kita jalani tentunya memberikan dampak positif maupun negatif. Perubahan yang paling memengaruhi perekonomian adalah tidak semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah, sedangkan untuk menjalani keseharian, kita harus berpenghasilan agar bisa bertahan hidup, untuk diri sendiri dan keluarga.

Transisi Teknologi Mandiri dengan jeli membaca situasi terkini soal pesebaran virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19. Transisi merasakan keresahan semua orang dalam menjalani rutinitasnya di era New Normal. Keresahan ini semakin meningkat dengan kurangnya kesadaran orang untuk menjaga jarak fisik dan sosial serta menjaga kebersihan diri. Apalagi bagi OTG dan ODP yang masih beraktivitas selayaknya orang sehat, padahal dari tubuhnya sudah membawa virus Corona yang siap menjangkit siapapun yang melakukan kontak dengannya ataupun keluarga.

Wabah virus Corona hanya bisa ditanggulangi dengan menjaga jarak fisik dan sosial, menjaga kebersihan, dan juga dengan anti virus. Namun, selama anti virus belum ditentukan, apakah produktivitas harus berhenti? Kita harus tetap produktif dan menghasilkan meskipun harus hidup berdampingan bersama wabah Covid-19. Apalagi kita sudah menerapkan New Normal, kita membutuhkan sesuatu yang bisa membimbing kita terhindar dari wabah virus Corona.

INOVASI SOSIAL

Kenapa Transisi menciptakan aplikasi yang mampu melacak pesebaran virus Corona?

  • Ketidakpastian recovery wabah virus Corona semakin tidak bisa ditebak.
  • Di sisi lain, dunia usaha harus tetap beraktivitas agar roda perekonomian tidak berhenti

Bagaimana Transisi membantu semua orang dengan aplikasi Transisi Covid-19 Tracing?

  • Transisi menginisiasi aplikasi Covid-19 Tracing yang dapat membantu instansi atau perusahaan untuk memetakan kondisi kesehatan karyawan khususnya melacak pesebaran virus.
  • Aplikasi berbasia Android dan IOS dapat diunduh oleh semua karyawan.
  • Pemantauan pesebaran virus Corona dapat membantu dalam pembuatan keputusan akurat terkait kebijakan selama pandemi berlangsung.
  • Instansi atau perusahaan dapat melakukan pelacakan data mandiri melalui aplikasi

Apa yang menjadikan aplikasi ini penting?

  • Aplikasi Transisi Covid-19 Tracing membantu pemerintah dalam pemantauan pesebaran wabah dengan cakupan yang lebih sempit.
  • Data dapat diakses secara real-time.
  • Data nasional dalam skala yang lebih sempit pun dapat tertampil

Solusi yang ditawarkan aplikasi Transisi Covid-19 Tracing

  • Instansi atau perusahaan mempunyai data dari aplikasi yang dapat memetakan sebaran wabah Covid-19 pada karyawan dan keluarga karyawan.
  • Aplikasi telah terintegrasi dengan data kesehatan dari pemerintah ke perusahaan.
  • Fitur contact tracing dapat melakukan deteksi terhadap pengguna aplikasi lain dalam jarak 1 sampai 10 meter.
  • Data tersebut akan tersimpan dalam server dan digunakan ketika terdapat karyawan yang termasuk kategori ODP, PDP, bahkan positif Covid-19 sehingga dapat dilacak dengan siapa karyawan tersebut melakukan kontak.
  • Identifikasi yang dilakukan dapat memantau kesehatan harian karyawan berdasarkan data diri karyawan dan keluarga yang telah didaftarkan.
  • Berdasarkan parameter risiko, aplikasi dapat menentukan level risiko kesehatan secara otomatis, dan data tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan serta pelacakan pesebaran virus.

Dengan adanya aplikasi Transisi Covid-19, semua gawai karyawan dapat menggunakannya untuk memetakan kesehatan karyawan dan lingkungan tempat kerja, kriteria risiko kesehatan, serta pelaporan kesehatan dalam skala yang lebih sempit. Instansi atau perusahaan pun turut membantu pemerintah untuk menghentikan rantai pesebaran virus Corona yang menyebabkan wabah Covid-19.

Transisi Covid-19 tracing ibarat senter dalam kegelapan dan senjata yang membantu semua orang dalam menjaga kelangsungan hidup dengan tetap produktivitas dan menghasilkan meskipun harus berdampingan dengan virus Corona.

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Inovasi Disrupsi: Transportasi Online menjadi solusi mobilitas Era Milenial

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Perkembangan teknologi kini membawa inovasi di bidang transportasi. Pengembang teknologi perangkat lunak mulai melakukan inovasi disrupsi dalam transportasi konvensional, nyatanya, inovasi tersebut menjadi solusi mobilitas bagi semua orang.

Dulu, ketika kita ingin melakukan perjalanan ke kantor, ke universitas, ke sekolah, bahkan ke kafe, jika kita tidak memiliki kendaraan pribadi kita diharuskan untuk memanfaat transportasi umum publik/masa seperti bus dan angkot, atau transportasi umum pribadi seperti taksi. Kita hanya bisa mendapatkannya dengan menunggu di halte atau menelpon layanan untuk memesan taksi. Bagi sebagian orang, cara tersebut mungkin menyebalkan.

Metode pembayarannya pun dengan menggunakan uang tunai, yang paling merepotkan ketika uang yang dimiliki untuk membayar nominalnya lebih besar dan supir tidak memiliki uang kembaliannya. Apa yang akan terjadi? Memang, ada beberapa transportasi yang menerapkan metode pembayaran lebih modern, seperti uang elektronik atau metode debit. Tapi, belum semua transportasi menerapkan cara tersebut.

Namun, metodenya sekarang telah jauh berbeda. Cara untuk mendapatkan transportasi umum telah jauh lebih mudah. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, Software Developer membuat suatu aplikasi yang menjadi solusi perjalanan bagi semua orang. Salah satu contoh aplikasi transportasi online terbesar di Indonesia adalah Gojek. Tentu, semua orang sudah mengetahuinya.

Hanya dengan menggunakan aplikasi, siapapun bisa memesan dan mendapatkan transportasi dengan mudah dan cepat, tentunya metode pembayaran yang cashless. Hal tersebut dinilai sebagai cara yang efektif dan efisien.

  1. Solutif
    Developer lokal sangat mengerti kesulitan yang dirasakan ketika membutuhkan transportasi, mereka juga merasakannya. Developer membuat cara pemesanan transportasi yang sangat mudah, pengguna bisa memilih jenis kendaraan apa yang ingin digunakan, seperti motor atau mobil berkapasitas 2-3 orang atua 3-5 orang.
  2. Efektif dan Efisien
    Tidak hanya itu, selain transportasi online pengguna bahkan bisa merasakan fitur pengiriman barang, pembelian makanan dan belanja lainnya dari aplikasi. Di aplikasi telah banyak tersimpan mitra pengemudi transportasi, penjual dan juga merchant untuk metode pembayaran. Jadi kamu bisa tetap melakukan rutinitas kamu tanpa terganggu, karena dengan aplikasi seperti ini kamu bisa melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun.
  3. Tarif Transparan
    Setiap fitur yang digunakan akan menampilkan tarif layanan. Pengguna akan mengetahui tarif dari layanan secara rinci sebelum akhirnya pengguna menggunakan fitur layanan yang tersedia. Metode pembayaran yang dimiliki pun beragam. Pengguna tetap bisa membayar tarif dengan uang tunai, atau menggunakan cara yang simpel dan cashless dengan uang elektronik ataupun kartu kredit dari merchant pembayaran yang bekerja sama dengan aplikasi.
  4. Data dan Riwayat
    Pengguna aplikasi akan merasa lebih nyaman karena nama, plat kendaraan dan nomor telepon mitra pengemudi bisa dengan mudah diketahui. Selain itu, setiap transaksi yang dilakukan di aplikasi akan tersimpan dalam riwayat transaksi. Pengguna pun tidak perlu khawatir jika tertipu oleh mitra pengemudi, karena bisa dengan mudah melaporkannya melalui aplikasi agar ditindak lanjuti.
  5. Dampak Ekonomi dan Sosial
    Tarif yang ditawarkan cenderung terjangkau, bahkan terdapat diskon ataupun cashback. Jadi, hemat kan? Tidak hanya itu, banyaknya mitra pengemudi dan penjual juga merasakan manfaatnya. Transaksi yang dilakukan tentu memberikan pendapatan untuk mereka dan pengguna bisa bersosialisasi dengan pengemudi selama perjalanan. Secara tidak langsung kamu membantu perputaran ekonomi bagi mitra pengemudi, penjual dan tim yang mengembangkan aplikasi.

Jika dilihat dari banyaknya mobilitas orang-orang yang mengandalkan transportasi online seperti ini, sudah tentu hasil dari adaptasi cara konvensional menjadi jalan keluarnya. Banyak manfaat yang diberikan dari pengembangan perangkat lunak. Disrupsi inovasi ini mungkin menjadi pukulan bagi sebagian pengusaha yang masih bertahan dengan bisnis tranportasi offline, dan sebagian lainnya memilihi untuk berinovasi dengan memanfaatkan teknologi khususnya di era industri 4.0. Sebagai pelengkap, pengembang perangkat lunak juga menambahkan fitur-fitur sesuai kebutuhan orang Indonesia. Bagaimana dengan kamu? Lebih menyukai transportasi dengan cara lama atau dengan cara yang lebih modern?

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Agile (adj): able to move quickly and easily

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

"Agile (adj) : able to move quickly and easily"
adalah sebuah pola pikir [mindset] dan semangat untuk menghadapi dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama proses pengembangan produk. Kemampuan untuk melakukan banyak hal secara bersamaan dengan cepat.

Di dalam dunia usaha, agile berarti tangkas atau gesit. Suatu bisnis yang agile berarti adalah bisnis itu dapat beradaptasi dengan cepat pada dinamika pasar, respon yang tepat dan fleksibel, khususnya dalam bidang bisnis teknologi. Agility dalam suatu bisnis teknologi menempatkan suatu proyek dalam skala kecil yang melibatkan tiap anggota tim untuk berkolaborasi secara konstan dan berkelanjutan.

Bisnis yang agile dapat mengawali perubahan bisnis dengan cara yang produktif, cepat, kolaboratif, dan mempertahankan kualitas dengan tetap menjadi kompetitif. Agility mampu mendorong lebih keras pertumbuhan dan pengembangan karyawan secara keseluruhan.

Perkembangan bisnis bergerak sangat cepat, teknologi semakin baru dan inovasi bermunculan setiap harinya. Jika suatu bisnis tiadk menerapkan metodologi agile, maka mereka akan kehilangan keunggulan dan menjadi tidak relevan.

Untuk menerapkan proses yang agile, semua bagian bisnis harus memberikan dukungan dan berkontribusi karena perombakan proses bisa terjadi secara total. Hal perlu diperhatikan dalam penerapa Agile, sebagai berikut :

  1. Memastikan tranparansi terjadi di semua level untuk memastikan penerimaan tim.
  2. Membuka sarana komunikasi dua arah antara Manajemen dan Tim. Hal ini bisa menghindari hal-hal yang bisa saja berdampak negatif bagi proses.
  3. Memastikan bahwa bisnis bergerak ke arah pengembembangan proses dan lean, karena proses ini adalah proses yang berkelanjutan.
  4. Beripikir, Bertanya, lalu Mencoba. Ulangi. Proses ini menitikberatkan pada interaksi dan kolaborasi, perangkat lunak yang bekerja, dan tanggap terhadap perubahan.

Dalam menerapkan proses ini, kita bisa mulai bertanya, "Apakah praktik yang dijalani oleh tim sudah dilandasi nilai-nilai tersebut?" dan "Apa yang perlu dilakukan untuk menghidupkan nilai-nilai tersebut dalam tim?" Mungkin saja akan timbul jawaban untuk meminta perubahan dasar seperti perubahan budaya kerja atau perubahan aturan. Perubahan terhadap rencana awal pengembangan tentu saja menjadi sebuah tantangan. Namun, pendekatan metodologi agile lebih baik dari tantangan lainnya.

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Traveling jadi gampang karena digitalisasi

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Pernah tidak merasa kesulitan dalam pemesanan tiket pesawat dan mendapatkan harga bagus? Atau kesulitan mendapatkan penginapan dengan fasilitas dan harga yang sesuai kebutuhan?

Di Era yang serba modern ini, hampir seluruh bagian kegiatan sudah di digitalisasi, termasuk bidang travel. Kalau dulu kita harus mendatangi travel agent untuk membeli tiket travel untuk perjalanan udara atau pun darat, sekarang bukan jamannya lagi.

Adanya OTA memberikan berbagai keuntungan dan manfaat untuk pemilik bisnis dan penggunanya. Produk aplikasi travel online buatan Indonesia pun bisa dengan mudah mendunia di pasar teknologi dan informasi (TI). Berikut penjelasannya:

  1. Solusi perencanaan perjalanan.
    Pengembang software Indonesia menciptakan aplikasi Online Travel Agent (OTA) yang sangat membantumu untuk mengatur perjalanan liburan dan bisnis dengan menggunakan teknologi. Dengan mempelajari kebutuhan perjalanan konsumen, pengembang Indonesia membuat aplikasi yang menjadi solusi perjalanan berbasis digital.
  2. Bisnis online travel agent (OTA).
    Bisnis travel online memiliki sifat dinamis. Kemajuan teknologi bidang Online Travel Agent (OTA) mempermudah untuk mendapatkan mitra bisnis travel bagi agent, dan untuk yang berkebutuhan travel tersedia banyak pilihan akomodasi perjalanan, variasi penginapan, dan paket wisata untuk dalam dan luar negeri. Kamu juga bisa membuat bisnis model seperti ini dengan bantuan Software Developer Indonesia.
  3. One stop traveling Apps.
    Apa saja sih yang bisa disediakan di aplikasi travel online? Hampir semuanya! Komparasi harga tiket perjalanan, penginapan yang variatif dan kemudahan reservasi, dan hiburan lainnya. Kamu juga mendapat informasi lengkap sesuai destinasi tujuan. Semuanya bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja.
  4. Mudah dan Aman.
    Kemudahan dan keamanan memberikan rasa nyaman, kan? Pengembang Indonesia tentunya membuat aplikasi mudah digunakan sesuai kebutuhan. Beragam metode pembayaran dan data pribadi yang kamu masukan, akan tersimpan di aplikasi dengan aman.

Berawal dari kesulitan dalam rencana dan persiapan perjalanan, muncul lah ide pembuatan Online Travel Agent (OTA). Teknologi yang terus berkembang memberikan motivasi bagi siapapun yang memiliki ide untuk membuat produk aplikasi sebagai solusi. Tentu saja, suatu ide jika tidak dikombinasikan dengan pengetahuan dan teknologi, tidak akan berarti apa-apa. Hal ini membuktikan bahwa berawal dari sebuah ide dan pengetahuan, Indonesia mampu bersaing di pasar Internasional dengan produk teknologi dan informasi yang mendunia.

Bagaimana dengan kamu? Merasa terbantu dengan solusi Online Travel Applications [OTA]?

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Pengembangan Aplikasi Mobile

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Pertumbuhan smartphone otomatis mengikuti pertumbuhan Aplikasi Mobile. Dengan nilai manfaat yang dihasilkan, desain aplikasi yang friendly dan pemeliharaan yang baik, suatu aplikasi mampu bersaing dan bertahan di pasar teknologi informasi. Perkembangan teknologi inilah yang menyebabkan cara konvensional semakin ditinggalkan.

Kadang, penasaran dengan Bagaimana awalnya para pemilik Aplikasi berpikir untuk menciptakan sebuah Aplikasi yang bermanfaat? Yang pasti mereka berpikiran maju, melek teknologi, terencana dan berani untuk membuat suatu solusi yang akhirnya digunakan oleh semua orang.

Lalu, apa sih Pengembangan Aplikasi Mobile itu?

Aplikasi mobile (mobile apps) adalah aplikasi yang dibuat untuk perangkat bergerak seperti Smartphone, Tablet, Smartwatch dan lainnya, yang merupakan hasil dari pemrograman mobile dan dirancang menggunakan bahasa pemrograman.

Aplikasi mobile memberikan banyak kemudahan dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Jenis aplikasi mobile pun sudah sangat beragam sesuai dengan kategorinya. Berikut beberapa contoh kategori aplikasi mobile yang ada di pasar teknologi :

KATEGORI APLIKASI MOBILE

  1. Komunikasi
  2. Pendidikan
  3. Perdagangan Elektronik [E-commerce]
  4. Permainan
  5. Bisnis
  6. Jejaring Sosial, dan masih banyak lagi

CONTOH APLIKASI MOBILE

  1. Whatsapp
  2. Coursera
  3. Amazon
  4. Youtube
  5. Netflix, dan masih banyak lagi

Jika saat ini kamu berencana untuk melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk kemajuan bisnis dan pemecahan masalah sehari-hari yang bermanfaat, maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Tahapan Pembuatan Aplikasi Mobile

  1. Perencanaan dan Riset
  2. Desain
  3. Pengembangan dan Pemrograman
  4. Pengujian kualitas
  5. Peluncuran Aplikasi

Tahapan awal dari pengembangan aplikasi mobile tentu harus memiliki tujuan dan manfaat, menggunakan desain yang menarik dan mudah dimengerti pengguna. Serta hal yang terpenting lainnya adalah jika aplikasi mobile Anda menyimpan informasi rahasia pengguna, artinya kamu harus memastikan aplikasi mobile tersebut memiliki tingkat keamanan yang sangat baik.

Merasa kesulitan dengan tahap demi tahap dalam pengembangan aplikasi mobile? Kamu tidak perlu mengerjakan segala proses tersebut sendirian, terlebih jika kamu tidak memiliki keahlian dalam pengembangan aplikasi. Kamu bisa menyerahkan pengembangan ini ke perusahaan yang ahli di bidang ini. 

Transisi hadir untuk membantu kamu dan perusahaan agar memiliki solusi dan cara terkini dalam persaingan teknologi global. Wujudkan ide-ide kreatifmu agar menjadi suatu pencapaian bagimu dan perusahaan. Jangan sampai tertinggal dengan teknologi dan pola yang itu-itu saja. Jadikan Transisi Teknologi Mandiri sebagai Pengembang dan Konsultan TI mu.

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Facing New Normal

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020
Old you, New you

Normal Baru/Kelaziman Baru: Bagaimana hidup telah berubah akibat Covid-19 (dan tips untuk menghadapinya)

Satu hal yang pasti, perubahan akan selalu terjadi. Menyesuaikan diri dengan perubahan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi siapapun. Baik perubahan itu direncanakan atau tidak, secara tiba-tiba atau bertahap, yang pasti perubahan tidak bisa dihindari.

Beberapa bulan terakhir ini, kita telah mengalami perubahan cara hidup yang belum pernah dihadapi sebelumnya karena Covid-19. Dan sekarang kita harus menghadapi New Normal atau Normal Baru dengan perubahan yang harus dihadapi.

Siapa sangka bahwa sebotol pembersih tangan (hand sanitizer) dan tissue menjadi suatu yang langka, bahkan masker yang sebelumnya dianggap suatu hal yang tidak begitu penting, menjadi barang-barang berharga yang sulit didapatkan. Untuk pergi ke toko berbelanja bahan makanan saja, seperti menjadi petualangan tersendiri. Semua dikarenakan Covid-19 dan kewajiban menjalani tatanan kebiasaan yang baru. Namun, disadari atau tidak, kita masih merasa berat untuk melepas normal lama kita dan membiasakan diri dengan Normal Baru.

Meskipun kehidupan 'Normal' telah dimulai, masih ada batasan dan hal mendasar lainnya perihal cara hidup yang harus diubah. Seperti apakah tampilan New Normal saat ini? Berikut adalah kenyataan dan beberapa tips untuk menyesuaikan diri dengan New Normal yang harus kita ikuti.

Transportasi Umum

Cara Hidup Berbeda

  • Masker dan sarung tangan. Tergantung dimana kita berada, haruskan menggunakan keduanya atau cukup dengan salah satunya.
  • Mencuci tangan bukan hanya ketika tangan terlihat kotor. Kita harus selalu mencuci tangan secara berkala meskipun tangan tidak terlihat kotor. Bakteri, kuman dan virus tidak bisa dilihat dengan kasat mata.
  • Antrian menjadi Norma. Sering kali kita mendengar kalimat "Budayakan Antre" selain untuk menjaga ketertiban, nyatanya saat ini budaya antre sangat penting untuk menghindari kontak atau berdekatan dengan orang lain. Tidak ada yang tahu hal apa yang menjangkit orang sekitar kita dan seberapa besar risikonya untuk diri kita.
  • Transportasi Umum. Sudah menjadi hal yang biasa di Indonesia berdesakan ketika menggunakan transportasi umum. Himbauan petugas yang mengatur penumpang pun diabaikan. Dengan kondisi ini, transportasi umum telah memiliki batasan antara penumpang dengan penumpang lainnya, kapasitas muatan pun dibatasi, dan diwajibkan untuk minimal menggunakan masker.
  • Menjadi waspada ketika mendengar seseorang batuk, bersin atau sesak napas. Kekhawatiran kita terhadap paparan Covid-19 sebaiknya menjadikan kita waspada bila ada orang disekitar kita yang terlihat mengalami gejala tersebut, entah dikarenakan Covid-19 atau hal lain. Hal ini berarti standar kesadaran menjaga kebersihan tangan dan barang pribadi haruslah lebih tinggi dan terus berlanjut. Tidak ada yang tahu kapan pandemi ini berakhir, bukan?
  • Mengutamakan olahraga dan aktivitas menyenangkan lainnya di rumah. Situasi saat ini menjadikan semua orang harus lebih banyak berada di rumah saja demi mengurangi paparan dan pesebaran covid-19 dengan tetap menjaga daya tahan tubuh.
  • Lebih mendukung bisnis lokal atau usaha kecil. Dikarenakan produktivitas dan perekonomian yang menurun, akan sangat baik jika kita mendukung bisnis lokal atau usaha kecil lokal agar perekonomian tetap berlanjut. Tentunya hal ini sangat meringankan masyarakat untuk memperpanjang rantai ekonomi namun tetap menjadi produktif.
Tidak berkelompok di kantor atau kampus

Cara belajar dan bekerja telah berubah.

  • Pendidikan yang kita tahu, telah berubah. Hampir seluruh bidang pendidikan melakukan kegiatan belajar secara online. Atau dipadukan dengan tatap muka dengan porsi secara online yang lebih banyak.
  • Pekerja juga telah banyak berubah. Begitu banyak dari kita yang beralih bekerja di rumah untuk meminimalkan perjalanan dengan transportasi umum dan berkumpul dalam kelompok di kantor. Kerja jarak jauh atau remote working menjadi sistem yang baru. Dengan Normal Baru, kita bisa kembali bekerja di kantor secara bergiliran dan mengurangi waktu kerja di kantor.
Salam yang lebih baik

Kehidupan sosial telah berubah

  • Jarak Sosial atau Social Distancing. Sepertinya kami telah mengucapkan 'Selamat Tinggal' dengan perkumpulan dengan kerabat, menonton bioskop, pergi ke tempat wisata, dll. Meskipun di Normal Baru telah diperbolehkan, tetap saja hal tersebut memberikan jarak fisik dan batasan waktu.
  • Tidak melihat orang yang dicintai demi keuntungan bersama. Orang lanjut usia, wanita hamil dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu akan menjadi lebih rentan dengan paparan Covid-19. Tinggal jauh dari mereka demi menjaga mereka tetap aman, meskipun penting juga untuk berada dekat, namun hal itu bsia sangat menantang.
  • Salam telah berubah. Menjadi lebih kreatif untuk menyapa. Sebelumnya kita tentu terbiasa untuk berjabat tangan, berpelukan ataupun mencium pipi. Namun hal tersebut menjadi hal yang sangat dikekang di Normal Baru. Kita bisa tetap menyapa dengan kalimat, menggunakan lambaian, sentuh siku, namaste, bahkan salam kaki.
  • Ritual 'makan malam' di luar telah berubah. Banyak restoran dan kafe yang saat ini hanya melayani takeaways. Meskipun ada beberapa yang melayani 'dine in' tetap akan ada pembatasan jarak.

Jadi, bagaimana kita bisa memasuki cara hidup baru ini? Baca artikel selanjutnya untuk membantu proses menyesuaikan diri dengan Normal Baru.

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Produktivitas Remote Working

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Bagaimana menurutmu tentang remote working atau kerja jarak jauh? Sistem kerja remote working menjadi sistem yang sering digunakan belakangan ini, khususnya dalam pekerjaan di industri Startup Technology, seperti software engineer, designer, writer, etc.

remote working
remote working

Didapat dari sumber wikipedia.org, kerja jarak jauh atau yang biasa disebut remote working adalah model atau perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja secara remote dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi komunikasi. Dengan kata lain, kegiatan bepergian ke kantor atau tempat kerja digantikan dengan hubungan telekomunikasi. Dengan sistem ini, banyak karyawan yang pada akhirnya bekerja remote di rumah, di kafe atau tempat lain yang nyaman untuk bekerja.

Banyak tools yang bisa digunakan untuk menunjang efektifnya remote working, seperti; internal chat communications, video call conference, dan juga document sharing. Hal ini semakin didukung dengan membaiknya infrastruktur dasar seperti akses internet yang semakin cepat dan kemampuan beradaptasi terhadap teknologi.

Remote working memang belum tentu berlaku dan berjalan dengan baik bagi semua pekerja atau pelaku bisnis, tergantung bagaimana perusahaan dapat mengadopsi remote working atau lebih suka bekerja on-site. Bagi perusahaan atau pekerja yang cenderung memilih remote working, mari kita simak tipe-tipe remote working yang ada :

  1. Full Remote.
    Semua pekerja di suatu perusahaan menjalankan remote working tanpa ada yang bekerja di kantor seorang pun.
  1. Hybrid.
    Tidak semua pekerja di suatu perusahaan diperbolehkan remote, hanya sebagian saja dan selebihnya bekerja di kantor.
  1. Special Case.
    Pekerja diperbolehkan remote sesekali bila ada kebutuhan yang mengharuskan remote. Misalnya memiliki kebutuhan ke luar kota, sakit, atau seperti situasi yang saat ini kita hadapi, wabah pandemi covid-19.

Dari semua tipe remote working, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini tentu harus diatasi dengan berbagai solusi yang dapat mengurangi risiko dari kekurangan remote working. 

Kelebihan Remote Working

  • Secara individu, akan merasa lebih bebas karena tidak ada keharusan untuk pergi ke kantor.
  • Proses pekerjaan menjadi lebih jelas karena semua proses dan hasil pekerjaan harus di upload agar bisa dilihat oleh tim atau penanggungjawab kerja.
  • Bisa bekerja dengan teman atau kolega di berbagai lokasi geografi, karena tidak terbatas dengan lokasi.
  • Perusahaan terkesan fleksibel dan mempercayai karyawan terhadap tanggung jawab kerja dan kebutuhan karyawan, khususnya untuk special case remote working.
  • Ketika semua pekerja diminta on-site, diharapkan koordinasi bisa lebih cepat dan optimal.

Kekurangan Remote Working

  • Tidak semua perusahaan dan karyawan cocok dengan sistem kerja jarak jauh. Misal, membuat suatu produk fisik yang peralatan kerjanya fix berada di kantor.
  • Menyampaikan konteks kerja memerlukan effort yang lebih ke semua orang di perusahaan, contohnya ada diskusi offline yang secara spontan dan tidak tertulis.
  • Kesulitan bekerja dengan anggota tim lain yang tidak bisa bekerja remote, sehingga komunikasi akan sulit untuk lancar.
  • Tidak semua percakapan akan tercatat, apalagi jika ada tim yang tidak terbiasa menulis dan memiliki kebiasaan "menunda-nunda pekerjaan"
  • Jika sistem kerja suatu perusahaan tidak didesain untuk bisa berjalan secara remote, maka seluruh proses kerja akan "slow down".

Dari pembahasan di atas, Bagaimana pendapat Anda tentang Remote Working? Kalau pendapat saya, semua tergantung dengan jenis perusahaan dan individu yang bekerja di dalamnya, nyatanya memang tidak semua perusahaan dan pekerja bisa remote working, sistem kerja remote menjadi tantangan tersendiri. Sistem kerja apa yang cocok untuk kamu dan perusahaanmu?

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

WFH atau WFO?

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Halo, Bagaimana kabar Anda hari ini? Masih WFH atau sudah WFO, nih?
Untuk kalian yang sudah WFO a.k.a Work From Office, lebih banyak berada di luar rungan, dan menggunakan transportasi umum, jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang diwajibkan ya.

Berikut tips agar kamu aman dari paparan #covid19 dan siap menjalani New Normal.

Tips aman dari paparan #covid19 di kantor.
Tips aman dari paparan #covid19 di luar ruangan.

Tertib melakukan protokol kesehatan tidak hanya penting untuk kesehatan Anda dan keluarga, tetapi juga kerabat dan rekan kerja lainnya yang melakukan interaksi demi memutus rantai pesebaran wabah #Covid19

Jika Anda dan perusahaan ingin memantau karyawan dalam hal aktivitas pekerjaan yang berisiko terpapar Covid-19, Anda bisa menggunakan aplikasi Transisi-Covid19 yang kami ciptakan.
Hal ini akan membantu Anda dan perusahaan untuk memantau, memetakan dan mengetahui status karyawan dengan jangkuan yang lebih sempit.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami melalu email atau tinggalkan komentar agar kami dapat menghubungi Anda.

#bersamalawancorona#corona#covid19 # #covid19tracing#newnormal#lockdown#pandemic#technologies#infrastrukturIT#teknologiinfromasi#aplikasi#monitoringcovid#monitoring#newnormal2020#jakarta#yogyakarta#jogja#indonesia

Baca Selengkapnya
Blog Image 1

Pakai Software Lokal?

Yanuar Aditirta
Get To Know
03 Mei 2020

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan pengguna aplikasi atau software terbanyak di dunia. Jangan salah, tidak hanya sebagai pengguna, loh, Indonesia juga memiliki banyak developer unggul yang menciptakan aplikasi software dengan kualitas terbaik. Aplikasi buatan Indonesia pun tidak hanya dikenal oleh orang Indonesia saja melainkan mancanegara.

Sayangnya, tidak sedikit yang masih meragukan keunggulan dari software buatan Indonesia, padahal manfaat yang diberikan sangat membantu keperluan harian rakyat Indonesia. Bahkan, developer Indonesia menyesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia.

Berikut beberapa manfaat menggunakan aplikasi buatan developer Indonesia:

  1. Developer Lokal Lebih Unggul
    Developer lokal jelas lebih paham kebutuhan orang Indonesia, sehingga software buatan Indonesia akan lebih berguna. Developer Indonesia bahkan menyesuaikan dengan kebiasaan dan preferensi pengguna secara mendetail.
  1. Memperkuat Karakter Bangsa
    Pertumbuhan Technopreneur bisa menjadi cerminan bangsa di hadapan dunia bahwa software lokal mampu bersaing dipasar Internasional. Keberhasilannya akan membuat tech enthusiast dimana pun mengakui talenta yang dimiliki orang Indonesia. Banyak kok aplikasi lokal yang mendunia. Seperti, Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan masih banyak lagi. 
  1. Meningkatkan Pertumbuhan dan Kesempatan
    Menjadi mandiri dengan membuat software lokal akan membuka kesempatan luas bagi developer Indonesia untuk 'Unjuk Gigi' melalui Karya, serta membuka banyak lapangan pekerjaan. Meningkatnya technopreneur di Indonesia akan mewadahi talenta-talenta muda Indonesia untuk menyalurkan karyanya.
  1. Pembangunan Ekonomi
    Biaya produksi dan pembelian untuk produk lokal relatif lebih terjangkau dibanding menggunakan aplikasi software berbayar dari luar. Biaya yang dikeluarkan pun bisa digunakan untuk membantu pembangunan ekonomi, dari dan untuk Indonesia.
  1. Karya Anak Bangsa
    Tetap berkarya dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, akan memotivasi developer Indonesia  untuk terus berkembang dan berani bersaing dengan aplikasi software mana pun.

Kita sebagai warga Indonesia, sebaiknya mendukung perkembangan teknologi di Indonesia dengan mempercayai dan menggunakan produk Indonesia. Hal ini akan memberikan semangat yang besar bagi siapapun yang berkarya dalam menciptakan produk teknologi, yang nantinya akan dilihat dan diakui dunia.

Baca Selengkapnya